Profil Madrasah





PROFIL MADRASAH

A.      Latar Belakang Histori
Madrasah Aliyah Sabilul Hasanah Yang bernomor statistic 312160605099 adalah sebuah Lembaga Pendidikan Formal setingkat SMA yang bernaung di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Sabilul Hasanah. Madrasah Aliyah Sabilul Hasanah yang secara geografis terletak di Jln Raya Palembang Jambi Km. 24 Desa Purwosari Kec. Banyuasin III Kab. Banyuasin Sumatera Selatan mulai menjalankan oprasionalnya secara resmi sejak tanggal 17 Juli 1995. dan sejak tanggal 20 maret 2007 MA sabilul Hasanah sudah terakreditasi dengan nilai “B” dibuktikan dengan piagan nomor : C.KW.06/08/MA/022/2007
B.  Visi, Misi dan Tujuan
I.        VISI :
        Visi MA Sabilul Hasanah adalah “ MADRASAH YANG ISLAMI,UNGGUL,DAN POPULIS”                             Dengan indicator Sebagai berikut  :
        ISLAMI                  : Memiliki kesalehan dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dalam hidup dan kehidupan
        UNGGUL             : Memiliki kuwalitas yang tinggi dalam penguasaan IPTEK dan IMPTAK serta berjiwa Kopetetif sebagai kholifah fil ardhi.
        POPULIS              :  Diakui,diterima,dan dibutuhkan oleh masyarakat.

II.                  MISI : 
a.       Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada mutu lulusan yang berkuwalitas baik secara keilmuwan,maupun secara moral dan social.
b.      Mengembangkan sumber daya insani yang unggul di bidang IPTEK dan IMTAK melalui proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
c.       Menumbuh kembangkan semangat keunggulan dalam bidang agama ,ilmum pengetauan,teknologi,budaya,dan ketrampilan bagi seluruh sivitas akademika,
d.      Menigkatkatkan kuwalitas pembelajaran di MA Sabilul Hasanah dengan berbasis IPTEK dan IMTAK.
e.      Menigkatkan pencapaian prestasi akademik dan prestasi non akademik.
f.        Menerapkan pembelajaran aktif ,inovatif,kreatif,efektif,dan menyenagkan.
g.       Menigkatkan keimanan dan ketaqwaan serta pengetahuan siswa,khususnya di bidang IPTEK agar siswa mampu melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang berkuwalitas.
h.      Mengoptimalisasikan penghayatan terhadap nilai-nilai agama unutk dijadikan sumber kearifan bertindak.
i.         Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan social budaya dan alam sekitarnya yang dijiwai dengan nilai-nilai islam.
j.        Menigkatkan kwalitas dan kesejahteraan sumber daya manusia secara bertahap.