Perangkat Pembelajaran kurikulum 2013 Update Permendikbud tahun 2016 Bahasa dan Sastra Indonesia Wajib Kelas X/10


Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Update Permendikbud tahun 2016 Bahasa dan Sastra Indonesia Wajib Kelas X/10



Mengajar yang baik selalu memerlukan perencanaan dan proses yang baik pula. Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar (PP No. 19 TAHUN 2005 Pasal 20).


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.


Untuk mengakomodasi hal-hal tersebut, perlu disusun sebuah buku petunjuk yang dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Salah satu alternatif yang dapat mengakomodasi hal tersebut adalah Perangkat Administrasi Guru (PAG) Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib.

Buku PAG ini merupakan buku petunjuk guru yang mengacu pada buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib. Materi pembelajarannya berdasarkan pada Standar Isi Kurikulum 2013. Dalam PAG ini, terdapat program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan kunci jawaban.

Satu hal yang menjadi perhatian dalam penyusunan perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yang Disempurnakan adalah adanya perubahan metode pada tahap kegiatan pembelajarannya. Jika pada kurikulum 2006 (KTSP) kita mengenal proses Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi, maka pada Kurikulum 2013 yang Disempurnakan proses pembelajarannya mengakomodasi proses berpikir scientific, yakni Mengamati, Menanyakan, Mengeksplorasi, Mengasosiasikan, dan Mengomunikasikan.

Di samping itu, Buku Perangkat Administrasi Guru ini kami perkaya dengan nilai karakter bangsa yang kami integrasikan dalam materi pembelajaran, tugas, dan kolom pengayaan. Semua itu kami maksudkan untuk memotivasi siswa agar membudayakan sikap dan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, siswa tidak hanya cerdas dalam bidang pelajaran, tetapi juga cerdas dan unggul dalam berperilaku.



Buku Perangkat Administrasi Guru ini merupakan salah satu alternatif petunjuk kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dapat diikuti oleh guru. Dalam pelaksanaannya, para guru sangat disarankan untuk mengembangkan silabus dan RPP secara mandiri sesuai dengan kondisi siswa, sekolah, dan lingkungan setempat.



Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Kelas                           : X Wajib
Mata Pelajaran            : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kompetensi Inti                       :
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Sekolah                        : Nama Sekolah/ MadrasahMata pelajaran             : Bahasa IndonesiaKelas/Semester            : X/1Alokasi Waktu             : 4 x 45 Menit

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

  Selengkapnya silahkan Download di bawah ini Format Microsoft Word :

Demikian pos kali ini, semoga bermanfaat untuk guru yang mencari perangkat pembelajaran update permendikbud Tahun 2016, silahkan berbagi dengan tetap meninggalkan sumber downloadnya, dan jangan lupa komentar, trims..

No comments: